3 Cara Cerdas Berlaku Bijak Terhadap Gaji Bulanan Anda

cara efektif mengelola gaji

Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap karyawan adalah masa di mana mereka akan menerima gaji bulanan. Namun, perlu Anda ingat bahwa saat uang berada di tangan, maka sikap bijak dalam pengelolaan harus segera ditanamkan guna memaksimalkan fungsi uang dalam pemenuhan kebutuhan. Sayangnya, sebagian orang kurang memahami cara mengatur keuangan sehingga banyak sekali peristiwa habisnya gaji bulanan sebelum akhir bulan tiba.

Sebagian orang mungkin pernah mendengar kaitannya management keuangan dengan membaginya menjadi 50 : 30 : 20, namun sebagian yang lainnya belum bisa menerapkan bagaimana pengelolaan semacam itu. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus mengetahui cara efektif mengelola gaji Anda seperti yang terangkum berikut ini.

  1. 50% untuk pengeluaran wajib

Untuk berperilaku cerdas kaitannya dengan cara mengelola gaji bisa dilakukan dengan menyisihkan 50% dari gaji tersebut untuk keperluan wajib. Dalam hal ini, keperluan wajib meliputi keperluan setiap bulan yang wajib Anda penuhi seperti pemenuhan kebutuhan makan, tagihan air ataupun listrik, cicilan kartu kredit ataupun keperluan lainnya. Keperluan semacam ini patut untuk didahulukan dibandingkan dengan keperluan yang lain.

  1. 30% untuk pengeluaran tambahan

Selain untuk memenuhi keperluan wajib, Anda juga perlu memenuhi keperluan tambahan sebesar 30% dari 50% gaji Anda. Cara mengelola gaji Anda semacam ini akan membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan buah hati seperti membeli mainan anak, mengadakan acara makan keluarga ataupun menutupi kekurangan yang mungkin terjadi dari pengeluaran wajib.

  1. 20% untuk investasi

Sering kali ketika Anda menerima gaji bulanan kebiasaan menabung akan terabaikan karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Oleh sebab itu, cara mengelola gaji dengan mengalokasikan sebesar 20% untuk investasi merupakan cara bijak sehingga Anda akan memiliki tabungan di masa yang akan datang. Di samping itu, Anda juga tidak perlu khawatir lagi jika ada keperluan mendadak di saat Anda dalam keadaan tidak punya uang.

Setiap bulannya, seorang karyawan ataupun pegawai akan menerima penghasilan yang akan digunakan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk mencegah terbengkalainya keuangan, maka Anda harus mengetahui cara efektif mengelola gaji Anda sehingga Anda akan tetap memiliki uang meskipun tanggal tua telah tiba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *