5 Cara Membuat CV yang Dapat Memikat HRD

Cara Membuat CV yang Memikat HRD

Berbicara mengenai melamar pekerjaan, akan berhubungan dengan HRD. HRD kepanjangan dari Human Resource Department merupakan salah satu bidang di suatu kantor yang bertugas untuk merekrut calon karyawan baru. Masalahnya sekarang, yang mengirim CV (Curriculum Vitae) ke perusahaan tersebut tidak hanya Anda, tetapi ada puluhan orang. Maka dari itu Anda perlu mengetahui cara membuat CV yang memikat HRD.

  1. Singkat, Jelas, Namun Padat Berisi

CV yang dilirk HRD adalah CV yang dibuat singkat, jelas, dan namun berisi penjelasan mengenai kualifikasi Anda. Agar pihak HRD yang membaca CV Anda tidak bosan. Panjang CV sebaiknya tidak lebih dari dua halaman.

  1. Pendidikan, Prestasi, Pelatihan, Penyaji Seminar

Berilah penekanan pada pendidikan dan prestasi yang Anda punya. Cantumkan semua pengalaman yang membuat Anda menonjol dan relevan dengan jabatan yang Anda incar di perusahaan tersebut.

  1. Cantumkan Pengalaman

Agar CV Anda lolos seleksi, jangan lupa untuk mencantumkan beberapa pengalaman kerja yang pernah Anda jalani. Tak jarang sebuah perusahaan memang memberi nilai lebih kepada pelamar yang telah berpengalaman.

  1. CV Berbentuk Brosur

Agar CV Anda lolos seleksi diperlukan sesuatu yang berbeda dan tidak monotn. Jika Anda mengirim CV ke perusahaan industri kreatif, misalnya agensi iklan, studio film, dll coba buat CV yang berbeda dari biasanya, yang lebih atraktif, lebih efektif secara visual. Anda tau brosur kan? Coba buat CV seperti itu.

  1. Out of The Box Mencoba CV Digital

Cara ini dapat Anda coba jika mengirim CV melalui email. Anda dapat membuat sangat sedikit deskripsi, namun berilah tautan menuju ke blog pribadi Anda. Dari blog pribadi itulah, silahkan Anda menjelaskan mengenai kualifikasi pendidikan, pengalaman, dan kemampuan yang Anda miliki secara audio visual, kemaslah dalam produk yang menarik sehingga menjadi CV yang dilirik HRD.

Cara membuat CV yang memikat HRD tersebut perlu untuk Anda lakukan, karena pihak HRD inilah yang akan menilai CV yang Anda kirim layak atau tidak untuk diterima. Silahkan dipraktekkan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *